Kenali Bahaya Depresi pada Kesehatan Tubuh

Kenali Bahaya Depresi pada Kesehatan Tubuh

Posted on
carakesehatan.com – Tidak sedikit kita temukan banyak sekali orang yang mengalami tekanan hidup, stress yang berujung menjadi depresi. Maka dari itu, kita perlu mengenali lebih jauh bahaya depresi pada kesehatan tubuh kita.

Ketika kita mengalami stress, bagian otak akan melepaskan hormon adrenalin. Adrenalin ini akan meningkatkan denyut jantung kita. Stress yang berkelanjutan dapat timbul depresi.

Depresi adalah keadaan seseorang yang merasa sedih pada kondisi suatu titik tertentu yang dapat mengganggu aktifitas keseharian kita.

Bahaya depresi pada kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:
  1. Jantung

Depresi akan meningkatkan hormon adrenalin kita yang dapat berpengaruh pada naiknya tekanan darah dan denyut jantung. Hormon kortisol dapat menimbulkan tumbuhnya plak. Jika timbunan plak tersebut menyumbat arteri kita, maka akan menghambat aliran darah dan memicu serangan jantung dan stroke.

  1. Gairah Seks Menurun

Hormon serotonin yang terdapat pada mereka yang depresi memiliki tingkat yang lebih rendah dibanding orang normal. Serotonin adalah zat pada otak yang membuat perasaan kita menjadi senang dan gembira. Maka dari itu, hal ini sangat mempengaruhi keinginan kita untuk melakukan hubungan intim.

  1. Sakit Kepala

Orang yang depresi memiliki rasa sakit kepala lebih kuat, sehingga akan memiliki kecenderungan melihat segala hal dengan cara negatif.

  1. Sakit Punggung

Orang yang depresi cenderung memiliki gaya hidup yang kurang aktif untuk bergerak. Dan depresi juga menyebabkan kenaikan pada berat badan, yang membuat tekanan pada pinggang menjadi lebih besar.

  1. Waktu Tidur Berkurang

Depresi dapat mempengaruhi pola tidur seseorang. Orang yang depresi umumnya kurang medapatkan waktu tidur yang cukup. Biasanya mereka akan tetap terjaga semalaman, karena tubuh tidak mengisyaratkan untuk tidur.

Macam Macan Depresi:
  1. Kimia: Unipolar dan Bipolar

Unipolar adalah depresi lebih ke rasa putus asaan dan mereka biasanya tidak bersemangat untuk menjalani hidup

Bipolar adalah depresi yang berubah-ubah, mereka senang tanpa alasan yang jelas, tiba tiba kembali merasa sedih.

  1. Berat atau Ringan: Depresi Mayor dan Depresi Minor.

Depresi Mayor adalah depresi yang membuat mereka ingin melakukan bunuh diri, dan biasanya berlangsung selama 2 minggu. Depresi ini sangat berbahay bagi penderita.

Depresi Minor adalah depresi yang cenderung ringan, mereka masih dapat melakukan aktivitas keseharian dan bersosialisasi pada orang sekitar.

Gejala depresi adalah sebagai berikut:
  • Sedih
  • Cemas
  • Bersalah
  • Putus asa
  • Mudah tersinggung
  • Merasa tidak berguna
  • Gelisah
  • Merasa tidak dipedulikan

Itulah efek depresi bagi kesehatan tubuh, jenis depresi dan juga gejala depresi. Kenali sejak dini agar kita dapat mengatur otak dan pikiran kita agar terhindar dari depresi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *